Melihat Pesona Vihara Dewi Kwan Im di Sukabumi Bak Berada di Thailand


Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat di Sukabumi
Foto : Koleksi Pribadi 

Hallo travel lovers, kali ini gue mau cerita perjalanan gue ke Pelabuhanratu, Sukabumi. Sebenernya ini bukan perjalanan pertama gue ke kecamatan yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Sukabumi ini. Cuma kali ini perjalanan gue menggunakan angkutan umum nih dari Bekasi. Jadi lebih kerasa deh backpackeran-nya. Yuhu ...

Sedikit share perjalanan gue menuju Pelabuhanratu yah guys. Jadi gue dari Bekasi menggunakan KRL Commuter Line dari Stasiun Tambun yang dekat dengan rumah gue. Setelah itu gue transit di Stasiun Manggarai dan pindah ke jalur 8 untuk naik KRL jurusan Bogor. Setelah di Stasiun Bogor gue lanjut perjalanan gue ke Terminal Baranangsiang menggunakan ojek online.

Dari Terminal Baranangsiang gue naik Bus MGI jurusan Bogor – Pelabuhanratu AC. FYI yaa guys, bus ini ada dua jenis, yaitu Ekonomi dan AC. Harganya pun beda yah. Kalo AC kisaran 40 – 50 ribu, sedangkan Ekonomi kisaran 30 – 40 ribu. Jarak tempuhnya kurang lebih 3 – 4 jam yah, Bogor – Pelabuhanratu. Sedikit informasi aja yaa guys, kali aja kalian ada yang bingung kesana naik apa. hehe

        Nah kali ini gue penasaran sama vihara yang ada di sekitaran Pelabuhanratu nih guys. Karena selain untuk tempat ibadah Umat Buddha, vihara ini juga di buka untuk umum juga alias siapapun boleh masuk kesini. Ada yang tau nama viharanya btw ? Yap betul sekali. Nama viharanya adalah Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat.  

          Vihara yang terletak di daerah Loji, atau alamat lengkapnya ada di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki pemandangan yang sangat indah bak vihara-vihara di Thailand. Gimana nggak indah, viewnya pantai.. uhhhh bikin mau selfie aja ini mah hehe

Ini pintu masuknya yaa guys
Foto : Koleksi Pribadi 

          Di pintu masuk kalian akan disambut dengan dua patung naga berkepala tujuh yang badanya akan mengiringi kalian naik keatas dengan tangga-tangganya. Selajutnya kalian akan melihat patung yang cukup besar berselimutkan kain berwana orange. Naik ketas lagi kalian akan melihat beberapa bangunan yang di fungsikan sebagai penginapan. Nah penginapan ini bisa disewakan yah guys.

Ini nih patungnya guys
Foto : Koleksi Pribadi

          Ohiya, FYI nih guys, mungkin kalian akan menaiki ratusan anak tangga hingga ke paling atas yah. So harus kuat hehe. Setelah kalian melewati penginapan, kalian akan menemukan bagunan yang di fungsikan sebagai kantin, toilet, dan musolah. Jadi jangan khawatir kalian bisa makan siang disini dan untuk yang muslim kalian bisa solat disini. Nah setelah beristirahat sejenak, kalian akan sampai di altar yang paling besar dengan view pantai didepanya.

Dupa-dupa tempat berdoa
Foto : Koleksi Pribadi

          Ini bisa dibilang altar paling besar yang ada disini. Kalian boleh masuk dan berkeliling disekitaran sini. Tapi harus lepas alas kaki kalian yah dibawah. Ohiya guys, ini kan sebenarnya vihara yah tempat ibadahnya Umat Buddha, jadi pasti disini banyak yang sedang beribadah dan berdoa. So kalian tolong hargai mereka yang beribadah yah. dengan cara jangan menggangu dan berisik.

Ini altar utama. Ada patung Sungokong dan Gurunya loh
Foto : Koleksi Pribadi

Lonceng di Altar Utama
Foto : Koleksi Pribadi

Indahnya view di depan Altar Utama

Pelataran Altar Utama
Foto : Koleksi Pribadi

          Di altar utama ini terdapat banyak patung, dan salah satunya adalah patung Sungokong dan Gurunya. Kalian juga akan melihat banyak sesajian yang ada disekitaran patung. Karena salah satu view pantai yang paling bagus ada di altar ini, jadi biasanya agak ramai oleh pengunjung dan yang akan beribadah.

Belok ke kanan, kalian akan sampai ke Pendopo Eyang Prabu Siliwangi nih guys
Foto : Koleksi Pribadi

          Setelah dari sini kalian bisa naik dan menuju ke Pendopo Eyang Prabu Siliwangi yang berada disebelah kanan atau kalian bisa melanjutkan naik. Diatas sebelumnya kalian akan melihat patung burung bermoncong buaya dan berwarna emas. Di patung ini juga terdapat batu berwarna agak kemerahan tepat berada di lehernya. Gue sih kurang tau artinya apa, tapi sepertinya ini salah satu patung yang diagungkan, karena disekitaran sini juga banyak ditemukan sesajian.

Ini yang dimaksud patung burungnya guys

          Tepat disebelah kanan terdapat tangga naik keatas yang menuju ke Pendopo Nyi Roro Kidul. Sudah bisa terlihat dari luar ada lukisan Nyi Roro Kidul dengan ornamen yang serba hijau. Kalian bisa masuk kok. Pendopo Nyi Roro Kidul ini merupakan pendopo teratas yah, jadi tidak ada pendopo lagi diatasnya. Dari sini pun kalian bisa melihat view pantai yang sangat indah.

Ini view yang tak kalah cantik dari atas Pendopo Nyi Roro Kidul
Foto : Koleksi Pribadi

Guys, masuk vihara yang sering disebut Vihara Dewi Kwan Im ini gratis. Paling nanti kalian bayar parkir aja. Kalian cukup berperilaku sopan, tidak berlaku asusila dan juga menjaga ucapan. Yang tetap harus kita ingat adalah kita sedang berkunjung ke tempat ibadah, so kita harus saling menghargai. Be smart traveler yaa guys.

Segitu dulu yah guys cerita gue tentang melihat indahnya vihara Dewi Kwan Im di Sukabumi ini. Mungkin bisa menjadi salah satu daftar kunjungan kalian ketika ada di Kabupaten Sukabumi, dan dekat dengan Pelabuhanratu. Selamat berlibur guys ...  
          

0 Comments