Kulineran di Tulungagung? Siapa Takut!



Hallo guys, kemaren sudah bacakan perjalanan gue ke Kampung Coklat di Blitar, pasti kalian envy banget kan dan pengen langsung kesana .  hehe nah, kali ini gue akan cerita tentang perjalanan gue di Tulungagung, Jawa Timur.

Loh kok ke Tulungagung bang? Emang disana ada apa? Nah ini nih yang bakalan gue share ke kalian tentang Kabupaten Tulungagung. Kabupaten ini  merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Timur.

Guys masih tetap sama yah, perjalanan gue dari Pare, Kediri. Yaa kurang lebih satu jam setengah lah menggunakan motor. Tujuan gue kali ini nggak cuma ke Tulungagung yah, tapi ke Trenggalek juga. Waduh ngapain juga ke Trenggalek bang? haha simpel jawabnya. Gue pengen liat pantai di Jawa Timur. Eittsss sabar dulu yah, gue bakal ceritain di blog berikutnya. hihi *bikin kalian penasaran dulu*

        Tulungagung merupakan nama Kabupaten di Jawa Timur, lokasinya masih tidak terlalu jauh dari Kabupaten Kediri. Selain terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, Kabupaten Tulungagung juga terkenal dengan wisata alamnya. Eits tapi kali ini gue mau cobain kulinernya Tulungagung aja yah hehe. Monggo di baca ...

Sop Ayam Bu Sumirah - Tulungagung


          Kalau kalian ke Tulungagung pagi hari, kalian bisa banget cobain Sop Ayam Bu Sumirah. Lokasinya ada di Jl. Teuku Umar No. 9. Nah tempat makan ini rame banget dikunjungi. Biasanya dari pagi udah buka kok. Cocok buat sarapan atau makan siang. Tapi guys, biasanya kalo di weekend cepet habis loh hehe.

        
Ini dia Sop Ayamnya sama kaya Soto Ayam pada umumnyakan?

          Sop Ayamnya berwarna jernih, gue sih bisa bilang ini mirip Soto Ayam tapi nggak pake koya (sejenis bumbu pelengkap yang enak banget hehe). Satu porsinya sekitar Rp. 22ribu, agak lumayan mahal sih yah untuk ukuran Sop Ayam. hehe,  tapi guys disini juga banyak makanan pelengkapnya kok. Seperti ampela, aneka kerupuk, sate-satean, dan juga perkedel. (tentunya dengan biaya tambahan yaa .. hehe). Tapi so far enak kok guys dan kalian wajib coba kalau kalian lagi mampir kesini.

Kolam Teratai di Taman Aloon-Aloon Tulungagung

        Setelah perut gue tersisi, gue mampir ke Taman Aloon-Aloon Tulungagung. Lokasinya itu ada di Jl. RA Kartini, Kampungdalem, Kec. Tulungagung. Ini salah satu ruang terbuka hijau yang ada di Kabupaten Tulungagung. Gue kesini pas hari minggu pagi. Gue pikir masih ada Car Free Day (CFD) ternyata nggak ada. Padahal waktu itu masih jam 07.30 WIB.  And you know what, CFD disini tuh pagi banget dan durasinya pendek guys. Yaa paling jam 05.00 – 07.00 WIB. Jadi buat kalian yang mau CFD, bisa bangun lebih pagi lagi yah. hehe


Salah satu spot foto di Taman Aloon-Aloon Tulungagung

       Tapi tenang guys, kalian masih tetap bisa menikmati indahnya Taman Aloon-Aloon Tulungagung kok. Mau jajan-jajan atau nongkrong-nongkrong ditamannya? boleh banget dong. Tamannya luas kok dan cocok kalau kalian bawa keluarga kesini. Terdapat banyak burung merpati dan beberapa spot foto yang instagramble loh guys hehe. Selain itu juga terdapat sarana olahraga juga loh didalamnya. Lengkapkan? Iyaa dong. Ohiyaa guys, tepat disamping Taman Aloon-Aloon Tulungagung terdapa Masjid Agung Al Munawwar Tulungagung. Jadi kalian nggak usah repot-repot cari tempat ibadah.

Ini tampak depan Masjid Agung Al - Munawwar

Ini tampak sampingnya

     Nah guys, mumpung gue masih di Tulungagung, gue mau mampir ke Pasar Sore nih. Pasar Sore ini letaknya di Jl. Pangeran Antasari No. 12, Kenayan, Kec. Tulungagung. Biasanya buka dari jam 17.00 sampai larut malam hehe. Disini banyak banget makanan dan pastinya bikin kalian nagih.

Ini Nasi Goreng Pak Naryo di Pasar Sore 


          Kali ini gue pengen coba Nasi Goreng Pak Naryo. Kenapa gue pilih Nasi Goreng? Karena ini salah satu  makanan yang paling diminati dan rame banget guys. Jadi wajib banget antri hehe. Guys gue pesen dua menu sekaligus nih. Mie Godog dan Krengsengan. FYI nih yaa guys, semua menu ini dimasak menggunakan arang yah, bukan api pada umumnya. Jadi makin nikmat deh. hihi

Mie Godog dan Krengseng Pak Naryo

          Yuhuu, ini dia menu yang gue pesen tadi. Asli Mie Godognya itu seger banget kuahnya dan kalo Krengsengnya itu gurih banget, bumbunya juga kerasa banget, dan ayamnya pun di suir-suir halus duh bikin nagih deh sumpah hehe. *serasa presenter kuliner yaak*  ohiya guys, Krengseng ini disajikan sudah dengan nasi ya guys. Kebayangkan gue harus habisin dua menu sekaligus. Tetep perut karung mah muat terus hehe.  Hati-hati yang niatnya mau diet, jangan sekali-kali kesini hehe. Bikin gagal diet . wkwk

          Duh guys, segitu dulu yah cerita perjalanan gue di Kabupaten Tulungagung. Sebenernya masih banyak banget destinasi yang belum gue kunjungi disini, tapi semoga bisa balik lagi dan explore yang lebih banyak lagi. Aamiin ... so stay tune terus yaa di blog guee yaa *kiss*
           

2 Comments

  1. Tulisannya kerenn... Sangat informatif untuk wisatawan yang belum pernah berkunjung kesana... Good Job....

    ReplyDelete